Uji kompetensi merupakan bahan evaluasi untuk proses pembelajaran sewaktu mahasiswa. Didalam uji kompetensi terdapat beberapa soal. Soal-soal yang dibuat memiliki pola soal yang ada, pola inilah yang kami sebut ‘anatomi’.

Bagaimana anatomi soal ini?

Soal uji kompetensi ini terdiri dari vignette (kasus), lead in (petanyaan) dan option (pilihan jawaban). Mari kita lihat soal dibawah ini:

Gambar1: Contoh badan soal pertanyaan uji kompetensi perawat

Soal kasus (vignette) ini harus menggambarkan tentang situasi di klinik, komunitas atau di keluarga yang disajikan secara fokus, logis dan sistematik. Setiap satu kasus berlaku untuk satu soal.

Secara khusus, setiap soal kasus (vignette) ini terdiri dari identitas, setting (tempat/lokasi) pelayanan, keluhan utama, data penunjang keluhan utama, data distraktor, data penunjang distraktor, tanda vital, hasil nilai laboratorium, maupun terapi yang dilakukan.

Gambar 2: Contoh Vignette pada Soal

Pada gambar diatas situasinya adalah di rumah sakit. Dan memiliki identitas (pada kalimat warna merah diawal), setting pelayanan (kalimat warna biru), keluhan utama (kalimat warna hijau), data penunjang keluhan utama (kalimat warna hijau), data distraktor (kalimat warna kuning), data penunjang distraktor (kalimat warna merah diakhir), tanda vital (kalimat tanda merah), hasil nilai laboratorium (pada kasus ini tidak ada), maupun terapi yang dilakukan (pada kasus ini tidak ada).

Kemudian, setelah mengetahui pola pada vignette tersebut. Pahami juga pola yang ada pada lead in (pertanyaan). Lead in (pertanyaan) pada soal uji kompetensi perawat itu polanya menanyakan tentang pengkajian, masalah, diagnosa, langkah prosedur, evaluasi, hasil yang diharapkan, pendidikan kesehatan, etik, discharge planning ataupun pemeriksaan khas. Pada contoh gambar dibawah, Lead In-nya adalah pada kalimat warna merah.

Gambar 3: Contoh Lead In pada Soal

 

Didalam soal, ada pilihan (option) jawaban. Dalam uji kompetensi perawat, hanya ada satu soal yang benar dalam setiap soal. Bagi yang pernah melakukan uji kompetensi perawat, pertanyaaan ini kadang terlihat benar semua. Jika kita mendalami pola pilihan (option) ini dibuat dengan pola bahwa pola yang salah disebut distraktor artinya harus ada juga data distraktor pada vignette, pilihan juga dibuat terdiri dari pilihan dengan msalah yang homogen, pilihan dibuat mirip dengan jawabn yang benar, pilihan merupakan yang masuk akal, serta memiliki kalimat yang panjangnya setara. Nah, jika ada pertanyaan yang lebih pendek atau bahkan lebih panjang bisa jadi itu pertanyaan yang salah.Tapi, kamu harus teliti lagi terhadap pilihan yang ada.

Gambar 4: Contoh Option pada Soal

Pada gambar 4 diatas, kamu akan melihat beberapa option (pilihan) yang ada pada distraktor pada vignette tersebut. Seperti pilihan ‘A’ yang memiliki data distraktor suhu 38C. Apakah 38 C sudh termasuk hipertermi? Apakah hipertermi datanya cukup untuk menjadi masalah yang paling utama? Begitu juga pada pilihan jawaban ‘C’, ‘D’ dan ‘E’. Jadi, pada kasus ini jawaban yang tepat adalah ‘B’.

Jadi, sudah siapkah kamu mengikuti uji kompetensi? Mari bergabung dengan teman-temanmu untuk membahas soal dengan konsep anatomi soal lebih dalam kesini.

WhatsApp chat