Setelah kematian vokalis Linkin Park, Chester Bennington, yang dinyatakan bunuh diri, mungkin sudah saatnya bagi kita untuk melihat secara serius kesadaran kita tentang bunuh diri dan kesehatan mental secara umum.

Menurut survey yang dilakukan oleh World Health Organization atau WHO pada 2015 jumlah bunuh diri di Indonesia sebanyak 2,9 kasus per 100.000 penduduk. Pada awalnya, ini jauh lebih rendah daripada Thailand (16 kasus bunuh diri per 100.000 penduduk), tetapi masalahnya adalah bahwa ada banyak kasus yang tidak dilaporkan.

Dari penjelasan diatas perlu kita sadari bahwa kesehatan mental itu sangatlah penting. Mungkin Sobat Aveecena bertanya-tanya tentang mental health. Oleh karena itu, kami akan jelaskan sedikit mengenai mental health.

 

Apa itu Mental Health?

Kesehatan mental adalah suatu keadaan di mana seseorang tidak mengalami perasaan bersalah terhadap dirinya sendiri, memiliki estimasi yang relistis terhadap dirinya sendiri dan dapat menerima kekurangan atau kelemahannya, kemampuan menghadapi masalah-masalah dalam hidupnya, memiliki kepuasan dalam kehidupan sosialnya serta memiliki kebahagiaan dalam hidupnya.

Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tenteram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar. Apabila kesehatan mental seseorang terganggu, ia akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang dapat mengarah pada perilaku buruk.

Kesehatan mental meliputi emosi, psikologi dan kehidupan sosial kita. Hal ini mempengaruhi bagaimana atau cara kita berfikir, merasakan sesuatu dan bertindak atau bereaksi terhadap suatu hal.

Apa itu Mental Illness?

Mental Illness adalah kumpulan penyakit gangguan kejiwaan yang mempengaruhi pikiran, perasaaan dan perilaku seseorang.

1 dari 5 orang dapat terjangkit penyakit mental ini, setiap tahunnya. Mental illness juga bisa datang kepada kita ataupun siapa saja, diumur berapa saja, dari pada masa kanak-kanak ataupun dewasa. Tetapi, biasanya di banyak kasus, mental illness didapatkan oleh mereka, pada saat mereka remaja.

Efek dari mental illness ini dapat temporary atau bertahan lama. Seseorang juga dapat memiliki lebih dari 1 jenis mental illness.

 

Macam-macam Mental Illness

  • Depresi (depressive disorder/clinical depression)

    Depresi adalah penyakit mental yang ditandai dengan perasaan sedih yang intens. Anda juga mungkin merasa tak berdaya, putus asa, dan tidak berharga. Tidak hanya mempengaruhi Anda, depresi juga akan mengubah hubungan sosial Anda.

 

  • Bipolar Disorder

    Bipolar disorder atau yang juga dikenal sebagai gangguan bipolar adalah suatu kondisi mental yang menyebabkan terjadinya perubahan mood yang ekstrem. Hal ini membuat orang dengan gangguan bipolar memiliki episode mood yang sangat bahagia (mania) atau sangat sedih (depresi). Fase mania dialami selama 2 minggu sampai 4 – 5 bulan (rata-rata sekitar 4 bulan), sedangkan Fase depresi dialami lebih lama daripada fase mania yaitu sekitar 6 bulan, tetapi pada orang yang berusia lebih tua dapat dialami lebih dari setahun. Bipolar disorder kebanyakan dialami oleh mereka yang berusia dibawah 25 tahun.

 

  • Anxiety Disorder

    Anxiety Disorder adalah kecemasan yang dialami terjadi terlalu sering, berlebihan, dan tanpa alasan yang kuat. Dalam kasus yang parah, gangguan kecemasan juga bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya.

WhatsApp chat